Selamat siang,
Setelah sekian lama vakum menulis di blog ini, izinkan saya melanjutkan seri pengalaman saya selama menjalani Program Management Trainee (MT) di KLK Grup Indonesia.
Setelah menjalani kegiatan training selama 6 bulan, akhirnya sampailah di waktu yang ditunggu tunggu: Penerimaan menjadi Pekerja Tetap dan Penempatan.
Jika kalian lulus dalam kegiatan training selama 6 bulan maka kalian akan diangkat menjadi karyawan tetap atau PKWTT (Pekerja Kontrak Waktu Tidak tetap) dan menjabat langsung sebagai Assistant Manager, lalu akan ditempatkan di site yang dimiliki Group KLK yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Tidak semua peserta dapat lulus training dan diangkat pekerja tetap, entah itu karena indisipliner, atau karena seleksi alam. he . he.
Setelah ditempakan, akan ada penyesuaian gaji dan fasilitas. Berikut list fasilitas yang didapatkan oleh seorang Assistant Manager, berdasarkan yang saya alami:
1. Rumah,
Masing masing akan mendapatkan jatah 1 buah rumah yang telah terdapat fasilitas dasar, seperti air, kipas angin untuk assistant kebun dan AC untuk assistant pabrik , lemari pendingin, kompor dan gas nya. serta kasur dan lemari. Kualitas rumah dan fasilitas tergantung manajemen lokal, cuman air dan kompor pasti dikasih. Untuk yang sudah berkeluarga sangat cocok. Posisi rumahnya biasanya di dalam kebun dan di dalam perumahan estate.
2. Tunjangan Listrik dan Gas.
3. Fasilitas Cicilan Sepeda Motor.
Sepeda motor yang digunakan untuk bekerja kalian dapat mengajukan kepada manager dan TU, harga motornya seharga cash, nanti perusahaan menalangi dan dipotong dari gaji bulanan untuk cicilan nya tanpa bunga.
4. Tunjangan isolasi (Tentatif).
Karena saya ditempatkan di area isolasi, maka mendapat tunjangan isolasi.
5. THR (Prorate jika belum setahun)
6. Bonus Tahunan (prorate jika belum setahun)
7. Jatah bensin
8. Free tiket PP Jakarta-Site setahun sekali.
Itulah fasilitas yang didapat sebagai Assistant Manager, setelah itu mari kita melihat sejenak mengenai tanggung jawab sebagai assistant manager dan apa saja pekerjaannya sehari hari.
Sebagai Assitant manager nanti kalian akan memiliki beberapa staff, dibawah staff ada mandor, dan dibawah mandor ada karyawan dengan berbagai macam posisi dan jenis pekerjaan yang terspesialisasi.
Secara singkat, tugas seorang assistant adalah membantu manager dalam memanage dan memimpin divisi. Seorang assistent manager adalah eksekutif yang memiliki otoritas untuk membuat sebuah kebijakan dalam divisi yang dia pimpin. Misalnya, karena ada serangan hama dadakan, maka assistant dapat mengambil keputusan apakah saatnya melakukan tindakan atau masih menunggu. Tentu dengan persetujuan manager.
Di lapangan, assistant harus memiliki kemampuan dalam merencanakan program kerja, mengorganisasikan staff, mandor dan karyawan, merealisasikan program, melakukan kontrol kualitas dan ketepatan pekerjaan, serta melakukan evaluasi. Setelah program berjalan evaluasi kerja disampaikan dalam acara apel pagi, baik itu kepada staff, mandor maupun pekerja secara langsung.
Di kantor, assitant harus melakukan pemeriksaan dokumen yang dibuat oleh staff, serta harus melakukan summary atas laporan tersebut dan melakukan verifikasi di lapangan apakah laporan sudah sesuai dengan realisasi atau belum. Lalu, laporan tersebut dilaporkan pada manager dan harus mampu mempertanggung jawabkannya.
Pekerjaan sebagai assistant manager merupakan pekerjaan menarik yang menggabungkan pekerjaan lapangan juga pekerjaan kantor, yang mana keduanya harus bisa kita kuasai.
Karena pekerjaan di lapangan melibatkan banyak disiplin ilmu, kalian akan belajar banyak hal, seperti memperbaiki jalan, parit, bendungan, membangun jembatan, mengidentifikasi dan mengendalikan penyakit tanaman dan hama, memonitor kendaraan, memanfaatkan teknologi informasi untuk pengawasan, membuat anggaran dll. Sebagai assistant manager, kita akan belajar bagaimana menjadi seorang engineer, akuntan, human resources, agronomis, sosiolog, psikolog, dan lain lain sekaligus.
Jika kalian adalah tipe yang suka belajar banyak hal dan suka tantangan, pekerjaan assitant manager adalah stepping stone yang sangat bagus dalam memperkaya wawasan dan pengalaman kalian dalam dunia kerja. Karena kalian dididik dan ditempa seperti avatar yang menggabungkan keempat elemen yang ada di kehidupan.
Jam Kerja:
Pada dasarnya sebagai assitant manager kita diwajibkan untuk stand by di kebun selama 24 jam dan 7 hari seminggu, terutama jika terjadi sesuatu misalnya kebakaran lahan.
Akan tetapi pada waktu standar, Hari Kerja adalah Senin-Sabtu, dan kerja dari pagi (Sekitar jam 6 pagi) hingga jam 2 siang. Setelah itu melakukan kerja administrasi di kantor dari jam 3 sampai jam 5 sore. Semua jam kerja ini tergantung site tempat kalian bekerja, ini hanya gambaran di estate ku.
Seperti itulah kira kira gambaran placement job setelah melewati Training di KLK. Semoga bermanfaat....
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusgan, worth it ga kerja di sawit apalagi nanti kalau sudah berkeluarga ? untuk karyawan memang tinggal di dalam estate/kebun ya?
BalasHapusSemuanya kembali pada diri masing masing sih. Tergantung penilaian kepada diri sendiri, apakah siap menerima kondisi kehidupan seperti itu, kalau tidak masalah dengan kerja seperti itu dan industri perkebunan, MT di KLK cukup menarik, mengingat mereka grup besar dan paling stabil di bisnis perkebunan. Selain itu MT nya langsung berinteraksi dengan top manajemen nya. Tapi ya harus jujur pada diri sendiri dulu apakah siap atau tidak.
Hapus